.fb_like_box { -moz-border-radius:5px 5px 5px 5px; border-radius:10px; background:#f5f5f5; border:1px dotted #ddd; margin-bottom:10px; padding:10px; width:500px; height:20px; }

Entri Populer

Rabu, 01 Februari 2012

Bakiak Cinderella



Bakiak Cinderella....
“Ella...”seru Cici pada sahabatnya Anneke cinderella. Cici sangat geram dengan ulah jahil Ella begitu Anneke di sapa.  Ella hanya cekikikan saat melihat Cici terperangkap dalam selokan di pinggir sekolahnya. “elo tuh ya, sadis banget sama gue.” Ella kembali menghampiri Cici yang mulai menggerutu.
“lo tahu gue donk... gak jail rasanya gak hidup!!!”sambil menyodorkan tangan Ella tertawa terbahak-bahak. Cici menyambut tangan itu dan akhirnya ia bisa naik kedaratan lagi. Berkali-kali ia jadi sasaran empuk Ella. Bahkan ia mulai jenuh 2 tahun bersama-sama di SMA selalu saja jadi bahan jahil rivalnya itu.
“lo hidup tapi gue yang mati...sarap lo emang ya. Pantes aja lo kagak laku-laku.”ledek Cici dengan kesal. Ella hanya menjawab dengan tawa tanpa henti sambil memakai bakiaknya begitulah setiap kali ia pulang sekolah selalu mengganti sepatunya dengan bakiak kebanggaannya yang di wariskan oleh neneknya.
“ini bakiak yang di berikan kakkekmu pas kita lagi nonton layar tancep. Kakekmu memberikannya sebagai tanda hari jadi kita sebelum kita menikah.” Kata neneknya waktu itu, sejak saat itulah Ella bertekad untuk selalu mengenakan sendal berbahan dasar kayu itu.
“ihhhhh...sumpah ya gue muak deh liat tuh bakiak...”dumel Cici sambil membersihkan lutunya yang penuh lumpur.
“enak aja lo, ini tuh warisan leluhur gue, barang antik nih...”jawab Ella. Cici hanya mencibirnya sambil mengangkat bahunya.

***
“Ellaaaaa...”teriak ibu tiri Ella yang bawel. Seperti kisah Cinderella yang punya ibu tiri, Ella pun punya ibu tiri, hanya ibu Tiri Ella tak sejahat ibu tiri Cinderella hanya cerewet saja. Tapi dia sangat menyayangi Ella karena dia tak bisa mempunyai anak. Ella yang baru saja tiba di rumahnya yang sederhana itu cukup kaget dengan teriakkan Yati sang ibu tiri. Segera Ella berlari menghempiri yati yang sedang mencuci baju di belakang.
“kenapa mak??”tanya Ella.
“emak udah beliin elu ketoprak. Makan gih tar di embat bapak elu...”suara Yati terdengar nyaring dengan logat betawinya. Ella tersenyum sambil mencolek dagu Yati.
“makasih Emakkkk...”Ella pun kembali masuk. Yati hanya tersenyum, meski ucapannya kasar tapi Yati amat sangat mencintai anak tirinya bahkan ia rasa melebihi bapaknya Ella yang sibuk ngojek tiap hari.
“dasar Ella...Ella...elu tuh udah 17 tahun masih aja kayak anak kecil.”gumam Yati sambil menggeleng.
Mereka keluarga yang harmonis. Ibu kandung Ella sudah meninggal sejak ia kecil. Ayanhnya menikah lagi dengan Yati sejak Ella masih SD. Mendengar dongeng soal Cinderella membuat Ella takut pada awalnya ketika ia akan mempunyai ibu tiri terlebih di belakang namanya terselip nama Cinderella karena ibu kandungnya suka dengan dongeng Cinderella. Ella takut nasibnya sama seperti di dalam dongeng. tapi Yati membuatnya mengubur anggapan bahwa setiap ibu tiri itu kejam. Yati malah membuatnya merasakan kembali kasih sayang seorang ibu yang singkat ia rasa.
“La, tar abis lu makan anterin  baju bu Kades ya!” Yati yang membuka Loundry kecil-kecilan menghampiri Ella yang tengah sibuk dengan ketopraknya. Ella mengangguk cepat. “jangan lupa duitnye ye! Lo kan ceroboh banget.” Ella kembali mengangguk.
“mak, laen kali Ella beliin mesin cuci bakal mak ya!” sambil tersengal-sengal Ella mengucapkan itu. Yati tersenyum tipis namun tersembunyi.
“kapan???”Yati melipat-lipat pakaian bu Kades dan memasukanya ke kantung kresek.
“ya ntar kalo Ella udah nemuin pangeran...” Yati menghentikan aktivitasnya dan tertawa.
“ngimpi lu...pangeran mana yang mau sama anak urakan model lu...”Yati mengambilkan anak manjanya segelas air minum.
“akh emak sama aja kaya si Cici. Liat aja ya mak...Ella bakalan dapet pangeran kayak Cinderella...”Yati pun mengasongkan minuman itu dan Ella segera meminumnya.
“iye...bapak lu juga pangeran ojeg buat gue...”jawab Yati sambil tersenyum. Ella manyun ia pun beranjak dan mengambil kantung kresek itu dengan segera. Ia pun mengambil speda andalannya dan menggayuhnya. Menyusuri gang dan memasuki perumahan untuk menghampiri rumah pak kades. Sepanjang jalan selalu saja ada yang menyapanya, karena Ella sangat ramah dan asik.
“bakiak Cinderella...”ledek mereka sambil tertawa seperti biasa Ella hanya mengeluarkan lidah dan berlalu.
Tibalah ia di rumah pak kades....
“Ting tong...tong tong...tong tong...” 3 kali bell ia bunyikan dan akhirnya ada yang membuka pagar rumah itu. Perlahan-lahan pagar itu terbuka. Ella yang masih memakai seragam sekolahnya cukup kesal karena orang yang membuka pintu pagarnya  dengan perasaan. Tapi saat ia liahat di hadapannya bukanlah pak kades atau bu kades bahkan pebantu mereka. Sesosok cowok imut dengan senyum manis membuatnya mangap dan mati kutu.
“cari siapa?”tanya dia. Baru kali ini Ella melihat cowok itu, batinnya bertanya-tanya... ‘apa ini pangerankuuu???’ Bermenit-menit Ella hanya terdiam terpesona dengan ke tampanan cowok sebaya  dengannya itu. “hey, kamu cari siapa???” suara lembut itu menyadarkan Ella dari mimpi singkatnya.
“ah...emmmhhh...hhhhhh...ini...”Ella gugup sambil mengasongkan dua kantung kresek pada cowok imut itu. Cowok yang tak tahu apa-apa itu cukup kebingungan. Antara takut dan penasaran apa gerangan di balik kantung kresek itu.
“i...itu apa?”tanya dia.
“ohhh...ini baju bu kades dan pak kades...”Ella senyam-senyum. Cowok itu menghela nafas panjangnya.  Lega rasanya. Cowok itu pun melempar senyum yang ternyata di salah artikan oleh Ella yang menyangka cowok itu suka padanya. Ella kegirangan ia pun menaiki kembali sepedanya tanpa ingat uangnya padahal kadang-kadang ia suka minta ongkos antar. Cowok santun itu terheran-heran.
“orang aneh...”gumamnya.
 Setibanya dirumah....
“emakkkkkk...”seru Ella sambil membanting sepedanya dan masuk ke rumah. Yati yang tengah nyetrika segera menghentikannya. Ella memeluk erat tubuh Yati dari belakang. Ella senyam-senyum.
“kenapa lu? Dapet bonus dari bu kades ya?”tebak Emak. Ella menggeleng dan segera membalikan tubuh emaknya.
“lebih dari sekedar dapet bonus...menang lotre atau dapet dorprice mak...”jawabya.
“ape tuh?” Yati mulai penasaran. Ella tertawa.
“Ella nemu pangeran Ella...”jawabnya.
“hmmm...tukang ojeg kayak bapak lu?”Yati meledek.
“ye...mana ada pangeran  ngojeg...”pungkasnya. “dia tadi ada di rumah pak kades mak...siapa ya? Anaknya bukan mak?”tamabahnya.
“yang mane? Anaknya pak kadeskan di Yogya sama orang tua bu kades.”emak kembali melanjutkan menyetrika.
“ya pokoknya pantaran Ella deh.”jawab Ella lantang. Tiba-tiba Yati kembali menatap Ella.
“tapi lu kagak lupa sama duitnya kan???”tanya Yati. Ella terdiam perlahan-lahan senyum bersalah mengambang dibibirnya.
“hehe...Ella lupa Mak...”

***
“ehhhh...Ella, kenapa sih harus selalu gue yang bayarin lo makan tiap lo gak di kasih jajan???”bentak Cici.
“lo kan sahabat gue.”jawab Ella lemas.
“sahabat...mana ada sahabat kayak lo. Nyusahin aja lo kerjanya. Kenapa sih lo gak di kasih jajan lagi?”Cici menyuapkan sesuap Bakso ke mulutnya. Ella lebih lahap lagi memakan bakso gratisnya.
“gue lupa lagi ngambil duit loundry.”jawab Ella sambil lirik sana-sini di kantin sekolahan itu.
“ahhh...udah gue duga.”jawab Cici. Tapi tiba-tiba tawa Ella mengagetkannya. “apaan sih lo???”sambil melempar sesobek tisu.
“tapi gue seneng banget...akhirnya gue nemuin pangeran imut yang bertahun-tahun gue nanti.”jawab Ella. Cici nyengir.
“orang bodoh mana tuh???”ledeknya. Ella manyun.
“onta...ya cowok tulen berparas tampanlah...liat aja, dia bakalan kejar-kejar gue...dia ramah banget Ci.”Ella sambil menjilati sendoknya.
“ikhhh...geli gue.”

***
“apa mak??? Namanya Jefry...dia mau sekolah di sekolah Ella?”tanya Ella girang. Bapak menjitak kepala Ella yang mengagetkannya saat makan malam itu.
“biasa aje...!”seru babeh.
“ah babeh nih...sakit tau.”rengek Ella.
“lagian lu...mana mau anak Kades sama anak tukang ojeg.”babeh menyuapkan sesuap nasi ke mulutnya.
“di dongeng Cinderella kan gitu...sebagai Cinderella modern, Ella itu udah pasti memiliki nasib yang sama dengan Cinderella.”sambil menggosok-gosok kepalanya yang sakit karena di jitak sang babeh. Yati tertawa. “mak, lain kali kalo baju bu kades mau di anter lagi, nyuruh Ella aja ya mak!”
“ah...kagak-kagak...bisa-bisa gue rugi.”jawab mak lantang. Ella hanya manyun. Ella benar-benar menantikan sekali kehadiran Jefry. Sejak melihat Jefry kemarin, setiap malam ia selalu berdebar-debar karena teringat senyum manis yang di kembangkan sang pangeran idaman. Rasanya pipi Ella terbakar oleh api unggun yang di nyalakan di siang bolong ketika bayang-bayang wajah Jefry menari-nari di depan matanya.

***
“asli...dia ganteng banget, denger ya La, dia bakalan jadi incaran gue...”Nadia anak kepala sekolah dengan genit berjalan di hadapan Ella yang tengah jajan cuangki di depan sekolah.
“siapa sih??? Dari tadi perasaan lo gak nyebut dia siapa...”rengek Lala sohibnya. Nadia menghentikan langkahnya dan menatap Lala, sesekali ia melirik ke arah Ella dengan tatapan sinis, karena bagi Nadia si Ella itu kayak lalat yang patut di basmi.
“dia tuh anak pak Kades, dia pindahan Yogyakarta. Semalem dia kerumah gue sama bokapnya...”suaranya sedikit mengeras seolah ingin pamer pada Ella yang tak kunjung terdengar mempunyai pacar. “berani taruhan deh...dia pasti jadi cowok gue...”Nadia kembali melirik kearah Ella. Ella yang mulai muak segera menghabiskan cuangkinya dengan sekali suapan.
“ahhhh...yang bener...jangan pede dulu deh...siapa tahu dia lebih tertarik ma gue...”pungkas Lala dengan nada manjanya.
Ella pun berdiri dan meninggalkan mereka berdua dengan tatapan seolah menantang.
“apa lo liat-liat...”bentak Nadia.
“ada yang item-item tuh di gigi lo...udah ngemil sirih ya???”ledek Ella sambil meninggalkan mereka berdua. Lala tertawa puas, Nadia tampak marah denagan keusilan teman satu angkatannya yang tak sekelas itu. Segera ia mengambil cermin dan melihat giginya. ‘sial ketipu gue...niat mau ngerjain ko gue yang kena.’ Gumamnya.
***
“selamat pagi...nama saya Jefry Algofary...saya pindahan dari SMA favorit di Yogya. Salam kenal ya...”cowok imut itu memperkenalkan diri di hadapan teman-temannya di kelas barunya. Sayang Seribu sayang Jefry tak satu kelas dengan Ella tapi ia sekelas dengan gadis centil paling kinclong di sekolah yaitu Nadia. Terang saja Ella sangat kecewa. Ella sudah berhari-hari menunggu ke hadiran Jefry dan mengidam-ngidamkan kehadiran Jefry di kelasnya. Ella hanya bisa menhgintip di balik pintu dan menrasakan atmosfer kekalahannya di balik senyum Nadia yang melihat Ella mengintip.
“wey...lo liat apaan???”Cici membuatnya kaget.
“akh lo...gue fikir guru BP...” Ella mengelus-ngelus dadanya sambil membuka sendal bakiaknya dan menggantinya dengan sepatu.
“kalo udah tahu pake bakiak ke sekolah itu salah kenapa terus di pake?”Cici merebut sendal bakiak Ella. Ella kembali merebutnya sari tangan Cici.
“meski ini kesalahan tapi asal lo tahu ya, ini jimat keberuntungan gue.”Ella pun berjalan. Cici mengikuti langkah pelan Ella. “oh iya...”Ella membalikan badannya.
“apa?”Cici menghentikan langkahnya ketika Ella begitu dekat dengan wajahnya.
“anak pak kades yang gue ceritain ke elo tempo lalu...”wajah Ella berseri-seri. “dia sekolah di sini...tapi sayang dia gak sekelas sama gue. Dia sekelas sama Nadia.”
Cici tertawa sambil berjalan mendahului Ella. “jangan berharap deh lo! Mana mungkin dia suka sama lo.”
“ikhhh bete, semua orang kagak ada yang dukung gue.”rengek Ella. “liat aja ya!!!”tegasnya.

Beberapa hari begitu cepat berlalu, Jefry tampak semakin dekat saja dengan Nadia. Ella tak pernah mempunyai kesempatan untuk sekedar menyapa bahkan memperkenalkan diri. Ia hanya bisa melihat Jefry dari jauh dan hanya bisa bersabar ketika para gadis lengket dengan cowok santun itu. Ella menjadi bulan-bulanan Nadia ketika Nadia tahu Ella sangat menyukai Jefry. Rasanya Ella kehilangan segala-galanya ketika ia tak memiliki kesempatan untuk sekedar menyapa cowok idamannya. Ia kehilangan nafsu makannya, bahkan ia kehilangan nafsu jahilnya.
“hhhhhh...akhirnya baru kali ini gue ngerasa aman deket sama lo. Lo baik banget akhir-akhir ini sama gue...gak jahil, pendiam, kayaknya lo bener-bener patah hati ya???”ledek Cici ketika melihat sahabatnya melongo di kantin sekolah tanpa mengunyah apapun.
“lo bener-bener seneng ya liat gue menderita...”rengeknya.
“akh manja lo...”Cici mencolek dagu Ella.
“gimana ya caranya supaya gue bisa kenalan sama dia?”Ella menatap Cici dengan mata amat lesu.
“lo biasanya banyak ide usil, kenapa buat sekedar kenalan susah amat sih...” Cici meminum jus alpukat yang esnya sudah mencair di hadapannya itu.
“beda kasus lah Ci, dia kan orang yang paling spesial di mata gue.”jawab Ella sambil merebut kembali jus Cici. Tak lama sosok Nadia duduk dia samping mereka berdua.
“guru BP manggil lo lagi tuh...”cetusnya. Ella pura-pura tak mendengar. “gue serius...katanya dia liat lo pake bakiak lagi tadi.”
Ella kaget, segera ia melepas bakiaknya dan menggantinya dengan sepatu, Cici hanya menggelengkan kepalanya ketika melihat tingkah Ella.
“lagian lo tuh aneh banget sih...betah amat pakea tuh sendal murahan.”Nadia dengan senyum sinisnya.
“eh...suka-suka gue donk, enak aja...muke lu murahan.”jawabnya beranjak. “ayo Ci...!”Cici pun mengikuti Ella dari belakang.
“udah gue duga La, lo pasti di suruh bersihin wc atau bersihin kelas atau mungutin sampah atau...”Ella membalikan badan.
“ahhhhh...gak masalah dah, yang penting gue bisa bawa sendal andalan gue.”jawab Ella. Merekapun kembali berjalan menuju ruangan guru BP. Dengan kepercayaan diri yang penuh Ella masuk. “doain gue ya???”bisik Ella sambil menutup pintu ruangan BP. Cici mengangguk dan menunggunya di luar. ½ jam berlalu...Ella pun keluar dengan muka kesalnya.
“gimana???”tanya Cici.
“sendal gue di sita sebelah...”rengek Ella. Cici tertawa. Ia rasa lebih baik begitu agar Ella melupakan ambisinya.
“ko lo ketawa sihhh...”
“udah lah bentar lagi waktunya pulang.”Cici menarik tanagn Ella.
“gue di suruh bersihin semua wc dulu...” Cici melepas tangannya ia culup kaget.
“udah gue duga sebelumnya.”jawab Ella.
“bantuin gue...” Cici menggaruk kepalanya.
“udah waktunya pulang deh kayaknya...duluan ya gue...” Cici meninggalkannya sendiri.
“Cici...” teriaknya. Tapi Cici malah berlari dan melambai-lambau tangannya.

Terpaksa Ella mengerjakannya sendiri. Ia dengan telaten membersihkan seluruh wc dengan bersih termasuk wc cowok. Butuh berjam-jam sampai ia selesai membersihkan wc cewek. Ia pun segera beralih ke wc cowok. Meski sedikit ragu untuk memasukinya tapi ia pun memaksakan diri untuk masuk. Untunglah wcnya tiadak ada apa-apa. Namun Ella terkaget-kaget ketika ia melihat sepasang kaki terdampar di balik pintu wc.
“aaaaaaaaa...”teriak Ella. Cowok itu terdengar meringis kesakitan.
“to...tolong...”nafasnya terdengar tak beraturan. Ella segera membuka pintu toilet dan ia sangat kaget melihat Jefry duduk tak berdaya dengan nafas terengah-engah.
“lo...kamu...kenapa?”teriak Ella. Namun Jefry yang setengah sadar malah memeluknya.
“asma gu...gu...gue kumat...tolongin gue.”tiba-tiba ia tak sadarkan diri. Ella dengan panik memanggil-manggil guru BP tapi tak ada jawaban. Ella segera memapah pangerannya itu menuju ruang UKS. Ella tampak sangat panik, ia terus menunggui Jefry, namun Jefry belum juga sadarkan diri.
“ukh...pas lo tidur lo ganteng banget sih Jef...”namun  Suara handpone Ella berbunyi nyaring.
“ahhh...emak ni ganggu aja deh.” Lantas ia segera mengangkatnya. “kenapa mak?”bisiknya takut Jefry bangun.
“bapak lu sakit nih...cepet pulang beliin obat di apotek.”seru emak di balik telpon.
“tapi mak...”ucapan Ella di potong Yati.
“aduh cepetan La, babeh lu tuh kalo gak cepet minum obat bisa-bisa gue yang di makan.”Yati segera mematikan handponenya. Dengan berat hati Ella pun meninggalkan Jefri sendiri. Bakiaknya pun terjatuh di samping ranjang Jefry dan Ella tak menyadari itu. Segera ia berlari menuju apotek. Tak lama setelah itu Jefri malah sadarkan diri. Ia melihat kesana kemari namun tak ada siapapun  di sisinya. Hanya seorang suster yang jaga di UKS. Suster itu tak begitu mengenal Ella menginget Ella bukan gadis populer di sekolah sehingga ketika Jefri menanyakan siapa yang membawanya, suster hanya mengatakan dia berusaha menolong Jefry dan menungguinya. Suster itu pun memberikan bakiak Ella yang terjatuh.
“dia hanya meninggalkan ini...saya kuarang tahu dia siapa.”jelas suster itu. Jefry cukup bingung tapi ia sangat ingin berterimakasih pada gadis yang telah berusaha menolongnya. Ketika ia mulai merasa kuat ia pun berjalan pulang, berusaha memikirkan siapa dan bagaimana  caranya agar ia dapat menemui gadis itu.

Keesokan harinya....
“lo dapet undangan nih dari pangeran lo itu.”seru Cici sambil mengasongkan undangan pesta ulang tahun Jefry. Ella tampak antusias.
“akhirnya dia ngenalin gue juga.”Ella girang.
“apa sih lo??? Semua cewek di sekolah di undang tahu termasuk gue.”jawab Cici. Ella kembali tak bersemangat. “bakalan di adain kayak saembara gitu. Aduh sumpah yah berasa norak banget deh, masalahnya di undangan itu tertera dengan jelas, siapa yang memiliki kaki yang cocok dengan bakik tua yang ada di tangan Jefry, dia bakalan jadi pacarnya dia.” Jelas Cici. Ella segera membukanya dan membacanya untuk menghilangkan rasa penasarannya. “lo kemarin nolongin dia?”tambah Cici yakin. Wajah Ella tampak ketakutan. Ella mengangguk cepat.
“apa yang harus gue lakuin Ci?”tanya Ella.
“gue rasa lo harusnya seneng, soalnya mimpi bodoh lo akhirnya terkabul juga.”jawab Cici.
“akhhh...tapi gak dengan cara kayak gini...”rengek Ella.
“bukannya lo mimpiin saat nasib lo sama persis kayak Cinderella.”Cici menatap dalam-dalam mata Ella di kelas saat itu.
“gue gak nyangka aja. Ci gue takut nih...”Cici pun membalikan tubuh Ella sehingga mereka berhadapan,
“sekarang udah terjadi, jadi hadapin aja!”Cici senyum seolah memberi semangat untuk Ella.
“masalahnya mana gue punya gaun pesta...” Ella kembali membelakangi Cici.
“alah lo gak usah mikirin itu. Gue kan sahabat lo, lo bisa andelin gue. Apalagi masalah dress.”Ella pun kembali berbalik dan memeluk Ella.

***
“wahhh...anak emak cantik juga ya kalo dandan.”seru Yati ketika melihat Ella keluar dari kamarnya dengan Cici.
“iya dong...malem ini Ella bakalan jadi Cinderella yang sesungguhnya.”Ella menjawabnya dengan semangat.
“uhhh pede banget lu.”sahut babeh dari kamarnya.
“iye dong beh...”jawab Ella riang.
“ya udah deh nyak Cici sama Ella berangkat dulu.”kata Cici sambil menggandeng sahabatnya yang cukup kesulitan memakai highheelnya.
“ya gih sono...”
Mereka pun pergi, namun berbeda dengan dongeng Cinderella yang naik kreta kuda, Ella dan Cici harus naik bajaj. Padahal rasa-rasanya Ella sudah sangat mirip Cinderella dan Cici perinya.
“gatot deh...penampilan gue udah oke nah kendaraannya yang bikin gubrag.”cetus Ella.
“centil deh lo sekarang. Hello...bangun deh...ini bukan dongeng!!!”seru Cici. Jalanan macet total hingga membuat mereka terjebak di tengah-tengah di antara jejeran mobil-mobil di tengah kota. Padahal jika pesta ulang tahun Jefry di adakan di rumah aja maka akan mudah bagi Ella, hanya tinggal berjalan beberapa meter saja bisa langsung sampai. Jefry mengadakan pestanya gede-gedean di restoran Itali. Katanya sih buat ngerayain ulang tahun ke ke 17 tahun, dan untuk merayakan jika ia punya pacar nanti. Maklumlah ini kali pertama Jefry berpacaran.
Setelah telat 1 jam, akhirnya mereka tiba....
Cici menarik tangan Ella supaya ia lebih cepat, namun ketika mereka masuk acara nyoba bakiak sudah berakhir. Ella sangat hancur ketika ia melihat Jefry bergandengan tangan dengan Nadia. Cici dan Ella terdiam menatap mereka yang berada di tepat di hadapan mereka. Nadia yang tahu betul kalau bakiak itu milik Ella hanya tersenyum penuh kemenanga. Nadia pun menarik tangan Jefry untuk membuatnya menemui Ella. Ella benar-benar tak bisa melakuakan apapun. Tubuhnya terasa kaku, bahkan ketika Nadia menghampirinya ia tak bisa bergerak sedikitpun padahal Cici berusaha menarik-narik tangannya.
“hai Ella...kamu telat ya???”Nadia sok lembut. Cici tampak bete sementara wajah Ella tak pernah berpaling dari mata Jefry. “kok kamu natap cowok baru aku sampe segitunya sih La?”
‘apa cowok??? Jefry cowoknya Nadia???gak mungkin itukan bakiak gue???mana mungkin kaki gue sama sama Nadia. Aduhhh sial banget sih gue...’batin Nadia.
“hai...nama saya Jefry...”sapanya sambil memperkenalkan diri. “apa kita pernah ketemu?” Jefry memandang Ella yang sejak tadi menatap matanya.
“lo beneran jadian sama dia?”Cici mencoba meyakinkan dirinya. Jefry mengangguk sambil tersenyum.
“kenapa?” Nadia dengan juteknya mengangkat halis.
“gue rasa lo udah salah faham Jef...jangan cepet-cepet ngambil keputusan atau lo bakal nyesel karena udah di tipu mentah-mentah sama tuh cewek...karna yang punya bakiak itu cuman...”Ella segera mencubit Cici supaya Cici menghentiakan ucapannya. “aw...”
“selamat ya!!!” Ella mengasongkan tangannya pada Jefry. Jefry segera menyambutnya dengan senang hati.
“lo apa-apaan sih?”bisik Cici.
“udah gak papa.”Ella segera melepas tangannya dari Jefry dan mengajak Cici berlari sekencang mungkin menjauh dari tempat itu. Ella tak bisa membendung air matanya yang mengucur deras. Cici sungguh merasa menyesal melihat temannya yang sudah sangat hancur. Berjam-jam Ella menangis tanpa mengatakan apapun pada Cici, dan berjam-jam pula Cici berusaha menenagkan Ella di jembatan menutu rumah Ella mereka hanya duduk melihat arus sungai yang lumayan deras.
“seharusnya gue sadar, gak akan ada kehidupan manusia yang sama kayak dongeng. Jefry cuman hayalan buat gue Ci...dan mulai besok gue bakalan lupain semua termasuk soal Jefry.”cetus Ella.
“pemikiran kayak gitu emang tepat tapi kalau soal Jefry gue rasa lo harus perjuangin dia. Gue rasa prasaan lo sama Jefry tulus dan bukan karena soal pangran di dongeng Cinderella. Kasian loh, dia di tipu sama si Nadia. Padahalkan jelas banget Nadia tahu kalo sendal bakik itu punya lo.”jawab Cici.
“tapi kan...”
“tapikan apa? Udah deh, jangan boongin diri lo...”

Beberapa hari berlalu....
Tak ada yang Ella lakukan untuk membuat Jefry menyadari ketulusannya tapi entah mengapa alam seolah membantunya memperlihatkan sosok Nadia sesungguhnya pada Jefry. Kemesraan mereka harus berakhir setelah Jefry menemukan sebelah sendal bakiak itu di ruang guru BP, dan guru BP itu juga menjelaskan siapa pemiliknya yang membuatnya jengkel.
“kita putus...”cetus Jefry ketika Jefry dan Nadia berada di taman sekolah.
“kenapa Jef? Kita baru jadian beberapa hari. Lagian aku gak ngerti masalah kita apa.”rengek Nadia menatap mata Jefry yang penuh rasa marah.
“gak ngerti. Lo udah bohongin gue selama ini lo bilang  gak ngerti.” Jedry pun mengeluarkan sendal bakiak satu lagi pada Nadia. “sendal bakiak ini bukan punya lo kan? Dan yang waktu itu nolongin gue itu bukan lo kan?”desak Jefry. Nadia menggeleng.
“enggak beb...itu punya aku...”Nadia mengelak.
“udah ngaku aja deh. Gue benci sama lo.” Jefry pun meninggalkan Nadia sendiri. Kesal sakit hati bercampur aduk di hati Nadia karena ia di putuskan oleh Jefry.
Jefry bergegas mencari Ella di setiap sudut sekolah. Tapi Ella tak tampak di manapun. Jefry hanya menemukan sahabatnya Cici.
“temen lo...kemana?”tanya Jefry.
“temen gue siapa?”Cici bingung. “apa maksud lo Ella? Temen gue yang bareng-bareng sama gue pas ke pesta lo.” Jefry segera mengangguk. “oh...”Cici tersenyum, ia yakin betul Jefry sudah tahu yang sebenarnya.
“dia baru aja keluar, keliatannya sih buru-buru abisnya di telpon emaknya.”jawab Cici.
“thanks ya!!!” Jefry segera berlari untuk menyusul Ella. Dia celingukan kesana kemari ketika di dekat gerbang, berharap ia menemukan sosok Ella. Akhirnya Jefry melihat Ella di halte bus. Jefry pun menghampirinya. Dengan terengah-engah ia coba berdiri di samping Ella yang tak menyadari akan kehadiran Jefry di sisinya.
“nunggu bus ya?”tanya Jefry.
“kagak, nunggu pesawat.”jawab Ella tanpa menoleh. Jefry tertawa, tawanya yang khas membuat Ella menyadarinya dan menoleh. Ia kaget plus malu saat ia tahu yang ada sebelahnya adalah Jefry. “Je...Jefry...”
“iya...”Jefry kali ini tersenyum tulus pada Ella. “kamu Ella kan?”Ella segera mengangguk. “aku sekarang ingat kamu siapa. Kamu yang pernah anterin baju ibu aku kan? Kamu juga yang ngintip kekelas aku pas pertama aku masuk sekolah...yang paling penting adalah, kamu adalah orang yang udah nolong aku waktu asma ku kumat.”Jefry pun mengeluarkan sepasang sendal bakiak dari tasnya. “terus...sendal ini milik kamu kan?” Ella terbelalak, ia tak bisa mengatakan apapun. Mimpinya akhirnya menjadi kenyataan. “ini milik kamu kan?” tegas Jefry. Ella segera mengangguk dan mengambilnya. “maafin aku ya, karena selama ini aku salah orang. Aku padahal niat banget pengen jadi pacar cewek unik nan baik hati pemilik sendal itu.”
‘ya ampun...hati gue rasanya melayang ke angkasa...so sweet banget sih lo Jef...’batin Ella.
“aku masih punya kesempatan kan?”tanya Jefry menatap mata Ella.
Lagi-lagi Ella tak mengatakan apapun, ia speechless, fikirannya entah-berantah melayang-layang. Rasanya kakinya tak seperti menginjak bumi.
“La???”Jefry menggenggam tangan Ella dan menatapnya lebih dalam lagi, sepertinya ia sungguh-sungguh. Bukan karena bakiak atau karena Ella pernah menolngnya tapi memang Jefry menemukan hal spesial di dalam diri Ella. Ella tersenyum hangat dan mengangguk. “maksih ya...untuk semuanya, untuk pertolongan kamu waktu itu dan untuk kesempatan hari ini.”
“iya pangeran...”ucapan itu refleks ia ucapkan hingga membuat Jefry tertawa.
“apa sih???”
“oh sorry maksud gue...Jefry...”Ella meralat ucapannya.
“aku anter kamu ya?”Jefry menuntun tangan Ella masuk ke dalam bus yang sudah berada di depan mereka 1 menit yang lalu. Tangan Jefry tak sedikit pun melepas tangan Ella.
‘ya...hidup gue beda sama Cinderella yang cuman ada di dunia dongeng. Obsesi gue yang berlebihan membuat gue lupa bahwa jalan hidup manusia tidak terlepas dari takdir. Saat ini Jefry menggenggam tangan gue itu juga kaarena tajdir buakn karena dongeng atau keberuntungan dari bakiak gue. Buktinya kehidupan gue 10x lipat lebih beruntung dari Cinderella. Kehidupan gue sebagai seorang Ella, emak gue, babeh, Cici dan Jefry mereka semua takdir hidup gue. Bakik ini akan jadi bakiak Cinderella sebagai kenangan terindah, jalan menuju takdir gue.’

Selesai...

1 komentar:

  1. udah lama gak posting jadi posting sebanyak-banyaknya...jangan lupa tinggalkan komentar ya!!!
    trus di like deh,,,share juga ya ke temen-temen fb atau twitter kamu!

    BalasHapus